Stage Photography

Stage Photography 
Adalah salah satu cabang atau turunan dari Photo Journalist sebagai induk dan akarnya. Di stage, baik skala besar, menengah, maupun kecil, kita akan menemukan cerita (story), human interest, aksi, potret, dan emosi yang berubah-ubah setiap waktu. Karena itu pengetahuan kita tentang fotografi saja tidaklah cukup, butuh pengetahuan lebih untuk bisa merekam aksi panggung menjadi kesatuan konsep.

Cakupan dan pengertian tentang stage atau panggung sangat luas sekali, banyak artikel di internet yang membahas tentang itu, dan isinya sangat beragam karena tidak hanya menampilkan pertunjukan musik / musisi, tapi juga kesenian, baik teater maupun tari, fashion, maupun aksi seperti sirkus, sulap dll.
Artikel ini dibuat sebagai ajang sharing dan berbagi pengalaman dari apa yang saya dapat selama motret dari panggung ke panggung, juga dengan banyak masukan dari rekan dan senior fotografer.


Gears dan kelengkapan



Dalam hal ini kamera dengan lensanya, tidak pernah ada batasan mutlak bahwa harus memakai kamera dan lensa jenis tertentu, bahkan sebenarnya dengan kamera Smartphone pun kadang bisa membuat stage foto yang asyik. Hanya satu hal penting yang harus dicatat adalah, kita harus

sudah memahami gears yang kita miliki. Penguasaan karakter kamera dan lensa jelas adalah mutlak, karena terkadang situasipanggung yang sering berubah membuat kita harus dengan cepat mengadaptasi settingan kamera.

Setup Gear yang saya gunakan :
Kamera : Sony A6300
Lensa : Sony 18-105 f.4



Tips kamera setting :



Area panggung megah dengan dimensi luas, baik indoor maupun outdoor dengan kapasitas sedikitnya 500 hingga ribuan penonton, biasanya menggunakan sound sistem dan tata cahaya ribuan watt. Dengan tata cahaya yang “mewah” tersebut biasanya fotografer sudah “keenakan” dalam pengaturan kameranya. Bila anda memiliki lensa “fast speed” misalnya dari f2.8 keatas, mengatur speed di 1/250 agar objek bisa freeze

dan mengatur ISO dibawah 1000, agar kualitas gambar terjaga, itu adalah tolak ukur idealnya. Bagaimana dengan gear “kit” ala kadarnya? ngga usah terlalu pusing, cukup atur speed ke mode “A”, lalu setting ISO di Auto dengan pengaturan min. 200 maks. 3200 dan minimum speed di 1/250. pengaturan white balance atur juga ke auto / AWB, karena kamera fuji mempunyai pengaturan auto white balance yang sangat mumpuni.
Tantangan terbesar di panggung besar adalah perubahan lampu-lampu dari gelap ke terang dan perubahan dari warna lampu yang silih berganti, biasanya autofocus kamera dipaksa bekerja ekstra untuk mengunci objeknya, menggunakan manual focus dengan focus peaking sebetulnya adalah pilihan terbaik.

0 Comments