Potret (Portrait Photography)

Fotografi Potret

Potret fotografi atau portrait photography adalah Gambar yang dihasilkan dengan proses merekam suatu objek menggunakan cahaya. Gambar yang kita ambil yaitu sebagian besar adalah objek yang akan kita fokuskan. Di kehidupan sehari-hari pun foto potret dapat kita jumpai, sebagai contoh yaitu foto teman-teman sekolah, foto pernikahan orang tua, foto artis-artis, dan lain sebagainya. Foto potret bisa dijadikan sebagai koleksi atau album foto saat kita ambil dimana dan kapan pun.

Foto potret pada umumnya menampilkan manusia dengan berbagai ekspresi dan latar belakang yang menunjukan gambar dalam pengambilan foto potret tersebut. Dan tidak hanya foto yang menangkap wajah manusia sebagai objek namun berbagai komposisi, elemen-elemen, dan objek lain dapat dipertimbangkan.

Foto potret juga merupakan foto yang menampilkan ekspresi dari seorang objek foto. Dimaksudkan juga untuk menampilkan personalitas dan kadang perasaan seseorang. Untuk foto potret ini bukanlah foto yang bersifat spontan dan harus menunggu momen untuk mengambil gambar, tapi foto yang telah dipersiapkan sebelumnya dan biasanya diambil dalam keadaan diam. Dalam fotografi potret lensa jenis apapun dapat digunakan karena hal itu kembali lagi pada tujuan artistiknya (foto apa yang ingin dihasilkan) dari seorang fotografer yang membuat foto potret tersebut.


Pada foto potret, latar belakang (background) dan konteks dapat dimasukan kedalam foto potret tetapi tetap fokus atau penekanan harus pada wajah, ekspresi dan suasana hati subjek. Fotografi potret berbeda dengan gaya fotografi lainnya. Perbedaannya adalah Foto potret subjeknya model non-profesional. Hal ini berarti orang biasa seperti ayah, ibu, anak-anak, bahkan orang dijalanan dapat dijadikan sebagai subjek pada foto potret. Dalam fotografi potret tidak ada batas atau aturan. Hal inilah yang membuat fotografi potret mudah dan sulit pada waktu yang sama.


Foto Potret ini cukup populer di Indonesia, biasa digunakan untuk foto wisuda, foto pernikahan, foto keluarga dan sebagainya.

0 Comments